This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Terjemahan

English German Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified icon/gambar

Wednesday, January 29, 2014

Contoh RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari
Kelas/Semester              : VII/1
Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris
Topik                                   : Greeting and Introduction
Pertemuan Ke-               : 1
Alokasi Waktu                 : 2 x 40 menit

A.   Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1. Mengenal berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan (menyapa, memperkenalkan diri, menginisiasi topik percakapan)
    Indikator:            3.1.1Melakukan tindak tutur menyapa dalam bahasa Inggris dengan percaya diri
                                    3.1.2Melakukan tindak tutur memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris
B.    Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui contoh, peserta didik dapat menggunakan ungkapan sapaan ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris.
2.    Melalui contoh, peserta didik dapat menggunakan ungkapan perkenalan diri ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris.

C.    Materi Pembelajaran
1.     Ungkapan sapaan:Hello/Hi,  How are you?, How’s life?, Good morning/afternoon/evening/night.
       Nice to meet you.
2.     Ungkapan perkenalan diri: my name is _____, you can call me ____,
3.     Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas sapaan dan perkenalan diri: thank you, I am fine, thanks, nice to meet you too.

D.   Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan: scientific
2.    Strategi: observe – practice.
3.    Metode: Inquiry/Experiencial learning.

E.    Media/Sumber  Pembelajaran
1.    Media: Audio/video, White board, board marker
2.    Sumber: Buku Paket Siswa





F.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
·         Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, students”.
·         Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·         Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
·         Jika memungkinkan, guru dapat bertanya
ke beberapa anak secara individual untuk
memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.

10 menit
Inti
Observing
·         Guru menjelaskan bahan ungkapan yang dapat disampaikan ketika menanyakan kabar tentang seseorang adalah “How are you?”
·         Saat ini pertanyaan “How are you?” terbiasa dijawab dengan kata-kata “I’m fine, thank you." "What about you?", "What about yourself?", atau "And yourself?"
·         Oleh karena itu, diperkenalkan bahwa pertanyaan “How are you?” dapat dijawab dengan “I’m feeling great.”

Communicating
·         Peserta didik mengulang-ulang pengucapan “How are you?” hingga pengucapannya benar.
·         Peserta didik berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya.
·         Guru dapat menjelaskan mengenai penggunaan kalimat-kalaimat yang dapat 
digunakan ketika bertemu dengan orang lain. “How are you?”
“I’m fine, thank you. And you?”
“I’m fine too. Thank you.”
·         Kalimat-kalimat tersebut merupakan kalimat dasar yang dapat digunakan ketika menyapa seseorang.
·         Kata “Sir”, yang menandakan kita berbicara kepada seorang pria yang lebih dewasa, dalam hal ini guru laki-laki.
·         Untuk guru laki-laki, selain kata “Sir”, kita pun dapat menggunakan kata “Mister” 
yang diikuti nama keluarga, misalnya Mr. Suparlan untuk Agus Suparlan.
·         Sedangkan untuk guru perempuan, kita dapat menggunakan kata “Mam”, atau 
“Ms”.
·         Dalam penggunakan kata sapaan untuk guru perempuan, kita dapat memberikan 
sedikit penjelasan bahwa untuk panggilan kepada perempuan yang masih single atau belum menikah, biasa kita sebut dengan panggilan “Miss”. Sedangkan
·         untuk wanita yang telah menikah kita dapat memanggilnya dengan kata “Mrs”. Sedangkan untuk wanita yang masih belum diketahui status pernikahannya, kita dapat menggunakan kata sapaan “Ms”.
·         Di beberapa daerah yang sudah terbiasa dengan “Bapak” maupun “Ibu”, ungkapan-ungkapan ini tidak salah tentunya. Penggunaan kata “Mister” maupun “Miss” digunakan dalam usaha untuk memunculkan English environment. Namun secara umum, panggilan yang digunakan untuk menyapa guru adalah "Mister" atau "Miss".

Experimenting
·         Guru mengenalkan ragam ungkapan-ungkapan salam baik dalam situasi formal maupun situasi informal.
·         Dalam bagian ini, guru menjelaskan bahwa pertanyaan “How are you?” tidak harus selalu dijawab dengan “I’m fine”.
·         Sebagian pendapat mengatakan bahwa jawaban “I’m fine” merupakan salah satu bentuk motivasi diri untuk selalu merasa sehat dan menularkan semangat yang ada ke setiap orang, walaupun mungkin kondisinya sedang tidak terlalu baik.
·         Percakapan pertama bercerita tentang
kondisi anak yang merasa sakit kepala (headache).
·         Percakapan kedua bercerita tentang kondisi anak yang merasa flu.
·         Beberapa jenis penyakit umum yang dapat diperkenalkan di antaranya: stomachache, toothache, backache, flu/cold, cough

30 menit











30 menit

Penutup
·         Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI)
·         Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang “Greeting and Introduction”
·         Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
·         Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
10 menit

G.   Penilaian





Mengetahui:
Kepala Madrasah,


Drs. ABI DARIM
Purwosari, 19 Desember 2013
Guru Mata Pelajaran,



HADI PRAYITNO, S. Pd.

Saturday, January 25, 2014

Program Kerja Waka Kurikulum SMP/MTs



PROGRAM KERJA KURIKULUM
MTs AL HUDA NGREJENG PURWOSARI KAB. BOJONEGORO
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BAB I
PENDAHULUHAN

I.      Latar Belakang
Standar Nasional pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional ( dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menetapkan & standar yang harus dipenuhi dalam melaksanakan pendidikan. Salah satu standar yang dikembangkan oleh bidang kurikulum adalah membelajarkan peserta didik sesuai dengan standar isi dan standar kompetensi kelulusan.
Dalam rangka membantu peserta didik mencapai standar isi dan standar kompetensi lulusan, pelaksanaan atau proses pembelajaran perlu diusahakan agar inspiratif, menyenangkan , menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan kesempatan yang cukup bagi peserta didik agar kreatif dan mandiri sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik.
Untuk pencapaian standar isi dan standar kompetensi kelulusan tersebut, bidang kurikulum membuat program kerja kurikulum. Dalam program kerja ini mengambarkan tentang kurikulum yang ada di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Program kerja ini diharapkan mampu mencapai tujuan di atas. Selain itu, juga untuk membantu wakil bidang kurikulum dalam melaksanakan tugasnya di sekolah.

II. Pengertian Kurikulum
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini, meliputi tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu program kurikulum disusun oleh wakil bidang kurikulum MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro.

III. Dasar
Dasar dilaksanakan Program kerja Kurikulum dan Pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.      Peraturan Pemerintah RI  Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  2. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  3. Permendiknas nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk  Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  4. Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi  Untuk Satuan  Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional Nomor 23 Tahun 2006  Tentang  Standar  Kompetensi Lulusan Untuk Satuan  Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
9.      Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor  2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah
  1. Permendiknas Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan.
  2. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru  dan Pengawas Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan Depdiknas tahun 2009.
  3. Panduan KTSP dari BSNP

IV. Tujuan
            Program Kerja Kurikulum MTs Al Huda Ngrejeng ini disusun dengan tujuan agar :
1.      Sekolah   memiliki pedoman yang standar tentang arah kebijakan dan pengembangan kurikulun
2.      Sekolah memiliki tolok ukur keberhasilan dan ketidakberhasilan dalam mengelolah sekolah selama satu tahun pelajaran
3.      Memiliki acuan  legalitas dalam meningkatkan kualitas akademis maupun non akademis di sekolah.
4.      Proses pembelajaran   disekolah dapat dilaksnakan dengan baik sesuai dengan tuntutan dan tuntunan kurikulum yang berlaku.
5.      Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum KTSP
V. Visi dan Misi Sekolah
a.    VISI
      “BERPRESTASI  DAN BERWAWASAN MAJU BERLANDASKAN  IMAN DAN TAQWA ”
 
Indikator Visi
              Akademik:
1.    Tercapainya kedisiplinan pendidik dalam PBM
2.    Terbentuknya karakter  siswa yang berbudaya belajar
3.    Tercapainya pembelajaran yang efektif
4.        Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
5.    Peningkatan kecerdasan dan prestasi peserta didik
              Non Akademik:
1.        Berprestasi dibidang karya ilmiyah remaja
2.    Berprestasi dibidang seni ( tradisional, modern dan religius )
3.    Berprestasi dibidang olah raga permainan dan Atletik
4.    Berprestasi dibidang bahasa dan budaya
5.    Berprestasi dibidang Iptek
              Kultur Sekolah:
1.        Memiliki karakteristik dalam kegiatan religius dan ketaqwaan terhadap Tuhan 
       Yang Maha Esa
2.    Memiliki Jiwa kebersamaan dan kepedulian sosial
3.    Adanya keseimbangan antara Disiplin, Minat,  dan Budaya Belajar
4.    Lingkungan belajar yang kondusif
5.    Layanan administrasi pendidikan yang efektif dan efisien
6.    Kepercayaan dari masyarakat dan stakeholder
                                                           
b.    MISI
Akademik: Meningkatkan minat belajar siswa untuk menumbuhkan budaya belajar guna mendukung peningkatan prestasi;
Non Akademik: Memantapkan kegiatan ekstra kurikuler untuk menggali potensi siswa dibidang Iptek, Imtaq, Seni Budaya dan Olah Raga;
Kultur Sekolah: Meningkatkan disiplin dan budi pekerti melalui kegiatan religius dan budaya tertib.
     
     Indikator Misi:
Akademik:
1.      Tersedianya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional
2.      Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai
3.      Terlaksananya Proses belajar mengajar yang berkualitas
4.      Terlaksananya menejemen berbasis sekolah
Non Akademik:
1.    Tersalurkannya Potensi, Bakat dan Minat Siswa secara Optimal.
2.    Berprestasi dalam bidang pengetahuan umum, agama, seni budaya, dan olah raga
2.    Terlaksanaya berbagai program tehnologi tepat guna bekekerja sama dengan masyrakat sekitar
Kultur Sekolah:
1.      Terciptanya lingkungan yang tertib, Disiplin, Bersih dan Nyaman yang bernuansa Islami
2.      Siswa dapat berinteraksi antar sesama dengan baik
3.      Tidak terjadinya tindak kriminal oleh siswa
4.      Terlaksananya praktek Ibadah dimadrasah dan masyarakat seperti sholat, puasa dan ibadah lain.

VI. Tujuan / Sasaran
1.    Terlaksananya Pengembangan Kurikulum KTSP untuk setiap mata pelajaran
2.    Terlaksananya  model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran
3.    Terlaksanaya pencapaian standar ketuntasan belajar siswa kelas 7, 8 dan kelulusan kelas 9 
4.    Terlaksanaya pencapaian  standar pendidik dan tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan bidangnya
5.    Terlaksananya   sistem    penilaian yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP)



BAB II
RINCIAN KEGIATAN PROGRAM KURIKULUM

I. Rencana Program  Kegiatan
Tabel rencana kegiatan wakil kepala madrasah bidang kurikulum:
No
Rencana Kegiatan
Pelaksanaan
1
PERSIAPAN
1. Menjabarkan kalender pendidikan
2 Mengatur pembagian tugas guru
3. Membuat jadwal pengajaran
4 Mengatur jadwal piket guru
5. Merumuskan nama Wali Kelas
6. Menyusun Program Kurikulum
7. Menyiapkan Administrasi guru
8. Mengatur Jadwal Supervisi


9 Juli 2013
9 Juli 2013
9 Juli 2013
9 Juli 2013
15 Juli 2013
18 Juli 2013
20 Juli 2013
30 Juli 2013
2
PELAKSANAAN
1. Memantau jalannya PBM
2. Memantau jalannya Piket


Juli 2013- Juni 2014
Juli 2013- Juni 2014
3
KEGIATAN EVALUASI DAN UJIAN
1. Memantau pelaksanaan Ulangan Harian
2. Membentuk Panitia Ujian Semester 1 dan 2
3. Memantau pelaksanaan Ujian Semester 1 dan 2
4. Melaporkan pelaksanaan ujian semester
5. Mengadakan Try Out Untuk kelas IX
5. Membentuk panitia UN dan UAMBN
6. Membuat POS Madrasah UN dan UAMBN
7. Melaporkan pelaksanaan UN dan UAMBN


Oktober 2013
November 2013
Desember 2013 dan Juni 2014
Januari 2014 dan Juli 2014
Februari 2014
Februari 2014
Maret 2014
Mei 2014
4
KEGIATAN PELAJARAN TAMBAHAN KELAS IX
1. Mengevaluasi program pembelajaran tahun lalu
2. Menyusun jadwal pelajaran tambahan
3. Gerakan Sukses Ujian Nasional 2014



Juni 2014
Desemmber 2013
Februari 2014

5

MENYUSUN LAPORAN KEGIATAN
1. Kegiatan Ujian Semester 1 dan 2
2. Kegiatan UN dan UAMBN



Desember  2013 dan Juni 2014
Mei 2014
6
EVALUASI KEGIATAN
1. Semester 1
2 Semester 2
3 UN dan UAMBN
4. Pelajaran Tambahan

Januari 2014
Juli 2014
Juli 2014
Juli 2014

II. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro adalah sebagai berikut :
1.      Pencapaian kelulusan siswa lebih dari 90 %
2.      60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model
3.      Siswa mampu menghafal Al Qur an lebih dari 5 surat
4.      Tingkat kehadiran siswa, guru, dan karyawan lebih dari 95%
5.      Menerapkan pembelajaran yang PAIKEM (Pembeljaran Aktif, Inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan)
6.      Menerapkan pelaksanaan evaluasi secara konsisten dan berkesinambungan, serta adanya program perbaikan dan pengayaan.
7.      Mengoptimalkan Pembelajaran Pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler
II. Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro adalah sebagai berikut:
  • Siswa lulus 100% pada Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.
  • 60% siswa yang lulus dapat diterima di SMA/MA/SMK Negeri dan 20% siswa yang lulus dapat diterima di MAN Model.
  • Siswa siap dan mampu menjuarai Kompetensi Sain Madrasah (Olimpiade ) baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun tingkat Nasional.
  •  Memiliki Grup Rabana yang siap tampil di setiap kegiatan sekolah dan acara kecamatan
  • Memiliki Tim Olah Raga yang mampu tampil di perlombaan PERSAMI kabupaten.
  • Memiliki Grup Dram Band yang siap tampil di acara-acarasekolah dan kecamatan.

BAB III
STRUKTUR KURIKULUM
MTs AL HUDA NGREJENG PURWOSARI KABUPATEN BOJONEGORO

Struktur kurikulum berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik. Mengingat perbedaan individu sudah barang tentu keluasan dan kedalamannya akan berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan pendidikan.
Pada program pendidikan di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro jumlah jam mata pelajaran adalah 48 jam pelajaran setiap minggu. Setiap jam pelajaran lamanya 40 menit.
Jenis program pendidikan di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro, terdiri dari program umum meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib diikuti seluruh peserta didik, dan program pilihan yang meliputi mata pelajaran yang menjadi ciri khas keunggulan daerah berupa mata pelajaran muatan lokal. Mata Pelajaran yang wajib diikuti pada program  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro berjumlah 14. Sementara itu keberadaan muatan lokal ditentukan oleh kebijakan sekolah. Di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro muatan lokal yang diajarkan adalah Bahasa Jawa dan Aswaja.
Pengatuaran beban belajar menyesuaikan dengan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur kurikulum. Setiap satuan pendidikan dimungkinkan menambah jam pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi. Dengan adanya tambahan waktu, satuan pendidikan diperkenankan mengadakan penyesuaian-penyesuaian. Misalnya program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal. Sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, khususnya MTs selain mata pelajaran umum (seperti yang diajarkan di SMP) juga menambahkan mata pelajaran lain yaitu Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, dan Bahasa Arab. Struktur kurikulum  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut ini :
1. Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama
2. Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3. Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MTs dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4. Kelompok Mata Pelajaran Estetika / Seni Budaya dan Ketrampilan
Kelompok mata pelajaran estetika /SBK  dimaksudkan untuk meningkatkan sen-sitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan meng-apresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MTs dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
 6. Mata Pelajaran
Tabel : Struktur Kurikulum  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro
KOMPONEN
KELAS DAN
ALOKASI WAKTU
VII
VIII
IX
A.  MATA PELAJARAN
1.  Pendidikan Agama Islam
a.   Qur’an Hadits
b.   Aqidah Akhlaq
c.    Fiqih
d.    Sejarah Kebudayaan Islam
2.   Pendidikan Kewarganegaraan
3.   Bahasa Indonesia
4.   Bahasa Arab
5.   Bahasa Inggris
6.   Matematika
7.   Ilmu Pengetahuan Alam
8.   Ilmu Pengetahuan Sosial
9.   Seni Budaya
10. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
11. Tehnologi Informasi dan Komunikasi


2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2

2


2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2

2


2
2
2
2
2
4
2
4 (6)
4 (5)
4
4 (6)
2
2

2
B.  MUATAN LOKAL
      Bahasa Jawa
      Aswaja

2
2

2
2

2
2
C.  PENGEMBANGAN DIRI *)
1.   Pramuka
2.   Aplikasi Agama
3.   Sepak Bola
4.   Drum Band
5.   Bulu Tangkis
6.  PMR ( Palang Merah Remaja)
7.  Komputer



JUMLAH
45
45
45
Selain itu, perlu juga ditegaskan, bahwa :
  • Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit
  • Khusus untuk Pengembangan Diri diadakan setiap hari Sabtu Sore
Selain program intra kurikuler seperti yang tertera dalam tabel di atas, terdapat pula kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan dalam Program Pengembangan Diri.
Waktu belajar di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro pada hari Senin sampai dengan Kamis terdiri dari 8 JP mulai pelajaran pukul 07.30-13.00 WIB, kecuali pada hari Jum’at, Khusus pada hari Jum’at terdiri dari 6 jam pelajaran dimulai jam 07.00 sampai dengan 11.20. WIB.
7. Muatan Lokal
Muatan lokal yang dikembangkan di MTs. Al Huda Ngrejeng adalah untuk mengembangkan potensi daerah sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah, serta mengembangkan potensi sekolah/madrasah sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif. Muatan lokal lokal ini disajikan dalam bentuk mata pelajaran yang harus ditempuh oleh setiap peserta didik dan harus mencapai/lulus SKL-MP, SK-KD Mata pelajaran dalam mengembangkan program keterampilan bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing, keterampilan dalam bidang Teknologi Informasi, atau bentuk keterampilan tepat guna .
Program muatan lokal yang dikembangkan di MTs. Al Huda Ngrejeng  yaitu Bahasa Jawa berdasarkan:
1.       Kondisi letak geografis MTs. Al Huda Ngrejeng yang berada di kawasan pedesaan  akan banyak memberi warna terhadap proses pembelajaran  di kelas. Oleh karena itu, program Muatan Lokal yang dipilih adalah yang berkaitan dengan kondisi pedesaan yang subur di lingkungan sekitar Madrasah.
2.       Pemberaian dasar dan pelestarian bahasa daerah (bahasa jawa) dalam upaya  mempertahankan nilai-nilai budaya Jawa masyarakat setempat dalam wujud komunikasi dan apresiasi sastra.
3.       MTs. Al Huda Ngrejeng memiliki SDM yang cukup memilki kesiapan untuk membina mata pelajaran yang dikembangkan, Muatan lokal disajikan dalam bentuk mata pelajaran, sehingga memiliki kompetensi mata pelajaran, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Mata pelajaran muatan lokal bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat kabupaten Bojonegoro serta pembangunan nasional. Lebih jelasnya agar peserta didik dapat:
1.    Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya setempat.
2.    Memiliki bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai keunggulan kabupaten Bojonegoro. yang berguna bagi dirinya maupun lingkungan masyarakat pada umumnya,
3.    Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturan-aturan yang berlaku di kabupaten Bojonegoro, serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur budaya dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
Adapun mata pelajaran muatan lokal yang di kembangkan di MTs. Al Huda Ngrejeng adalah Bahasa Jawa dan Aswaja.
Pelaksanaan muatan lokal bahasa jawa merupakan bagian dari struktur kurikulum di MTs. Al Huda Ngrejeng. Muatan lokal ini diberikan mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran setiap minggunya.

8. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan, kelompok seni-budaya, kelompok tim olahraga, dan karya ilmiah remaja ( KIR ), dan lain-lain.
Pengembangan Diri di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro meliputi program berikut:
  1. Olahraga Prestasi
  2. UKS
  3. Nasyid dan Rabana
  4. Keterampilan Berbahasa Inggris
  5. Baca Al Quran


BAB IV
JOB DESCRIPTION (TUPOKSI)
Rounded Rectangle: WAKA KURIKULUM

 




1. Refrensi
o   Surat keputusan Yayasan
o   Surat tugas Kepala Madrasah

2. Kedudukan
o   Waka Kurikulum adalah unit kerja setingkat wakil kepala madrasah yang berada dibawah kepala madrasah.

 3. Tugas Pokok dan Fungsi
3.1. Waka kurikulum berfungsi sebagai penyusun dan perencana Pembelajaran
Mempunyai tugas Membantu kepala madrasah dalam kegiatan sebagai berikut      :
    1. Perumusan struktur program pembelajaran
    2. Pembuatan kalender pendidikan
    3. Menyusun pembagian tugas guru
    4. Menyususn jadwal pelajaran
    5. Menyusun jadwal evaluasi belajar
    6. Menyususn pelaksanaan  UTS,UAS,UN.UAMBN dan UAM
    7. Menyusun kriteria dan persyaratan naik,tidak naik,tamat dan tidak tamat
    8. Menyususn jadwal penerimaan raport dan penerimaan STTB
    9. Mengkoordinasikan dan mengarahkan penyusunan program satuan pelajaran (silabus,RPP,promes ,prota, analisis dll)
    10. Pelaksana Musyawarah guru mapel /MGMP
k.      Mengumpulkan data pelaporan pencapaian target program
l.        Menganalisa data untuk perbaikan pelaksanaan program.
m.    Melaporkan data dan hasil analisa secara periodik kepada Kepala madrasah
    3.2. Waka Kurikulum Sebagai Pusat Sumber Belajar (PSB)
Mempunyai tugas Membantu kepala madrasah dalam kegiatan sebagai berikut     .
a.       Melaksanakan analisis karakteristik media, bahan dan peralatan yang diperlukan
b.      Membuat media pengajaran
c.       Melaksanakan pengontrolan, pengaturan, pembersihan dan renovasi media pembelajaran.
d.      Melakukan pencatatan, pendataan dan inventarisasi media pembelajaran.
e.       Membuat laporan , meliputi :
1. laporan penggunaan dana pembelian media pemebelajaran
2. Inventarisasi barang dan media
3. Pemesanan dan produksi media.
3.3.            Waka Kurikulum sebagai Wakil Kepala madrasah Bidang Kurikulum mempunyai tugas dalam kegiatan  :
a.       Mewakili  rapat-rapat dinas  Kepala madrasah sesuai dengan bidang dan wilayah kerjanya
b.      Mewakili tugas tugas  lain atas perintah atasan/Kepala Madrasah



4. Organisasi
Dalam melaksanakan tugasnya waka kurikulum dibantu oleh Guru mata pelajaran, dan semua Dewan Guru.

5. Tanggungjawab
Dalam melaksanakan tugasnya waka Kurikulum bertanggungjawab langsung kepada kepala madrasah.


6. Sistem Mekanisme kerja  1
a.         Pengangkatan waka kurikulum atas masukan guru, karyawan dan orangtua dilingkungan Madrasah yang kemudian ditetapkan oleh kepala madrasah.
b.        Waka kurikulum wajib hadir dalam rapat koordinasi pengelola madrasah dan tidak bisa diwakilkan tanpa persetujuan kepala madrasah terlebih dahulu.
c.         Waka kurikulum sekurang-kurangnya melakukan rapat koordinasi dengan anggota 1 bulan  sekali.
d.        Koordinasi mengacu pada program yang telah ditetapkan dan dapat dilakukan sewaktu-waktu jika ada hal yang dianggap mendesak untuk diselesaikan.

8. Sistem Mekanisme kerja II
a.       Menerima pemesanan media pembelajaran berdasarkan permintaan guru.
b.      Menganalisa kesesuaian pemesanan media berdasarkan alat dan bahan yang diperlukan.
c.       Menyelesaikan pemesanan media yang telah dianalisa.
d.      Melakukan pencatatan media yang dipinjam.
e.       Membuat laporan secara periodic untuk ;
1 . Penggunaan dana tiap bulan,
2.   Inventarisasi alat, bahan dan media tiap semester
3.   Laporan rekap pemesanan dan produksi media
BAB  V
PENUTUP

1. KESIMPULAN
Penyusunan Program Kerja ini berdasarkan kebutuhan agar pelaksanaan penyelenggaraan kurikulum tahun pelajaran 2013/2014 di  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro berjalan dengan lancar.
2. SARAN-SARAN
Untuk mencapai hasil kerja yang maksimal serta pelaksanaan yang lebih baik, kritik dan saran yang sifatnya membagun sangat kami harapkan dari semua pihak, terutama kepala Madrasah dan Majelis Guru dan Pegawai  MTs Al Huda Ngrejeng Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran berikutnya dapat berjalan dengan lebih baik lagi.



Kepala Madrasah,




Drs. ABI DARIM
Ngrejeng,  9 Juli 2013
Waka Bid. Kurikulum,




Hadi Prayitno, S. Pd.