(RPP)
Satuan
Pendidikan : MTs Al Huda Ngrejeng
Purwosari
Kelas/Semester :
VII/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik
:
Greeting and Introduction
Pertemuan
Ke- : 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator pencapaian Kompetensi
2.1
Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri
dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.1. Mengenal
berbagai cara berbeda dalam membuka percakapan (menyapa, memperkenalkan diri,
menginisiasi topik percakapan)
Indikator: 3.1.1Melakukan tindak tutur menyapa dalam
bahasa Inggris dengan percaya diri
3.1.2Melakukan tindak tutur memperkenalkan
diri dalam bahasa Inggris
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui contoh, peserta didik dapat
menggunakan ungkapan sapaan ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris.
2.
Melalui contoh, peserta didik dapat
menggunakan ungkapan perkenalan diri ke dalam praktik berbicara bahasa Inggris.
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Ungkapan sapaan:Hello/Hi, How are you?, How’s
life?, Good morning/afternoon/evening/night.
Nice
to meet you.
2.
Ungkapan perkenalan diri: my name is _____, you can call me ____,
3. Kosakata yang
berhubungan dengan aktivitas sapaan dan perkenalan diri: thank you, I am fine, thanks, nice to meet you too.
D.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan: scientific
2.
Strategi: observe
– practice.
3.
Metode: Inquiry/Experiencial
learning.
E.
Media/Sumber Pembelajaran
1.
Media: Audio/video, White board, board marker
2.
Sumber: Buku Paket Siswa
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru masuk ke kelas dan
langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat
langsung tercipta di pertemuan pertama.
·
Guru dapat menggunakan
kaliamat “Good morning, students”.
·
Pastikan peserta didik
merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
·
Jika peserta didik belum
merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
·
Jika memungkinkan, guru
dapat bertanya
ke beberapa anak secara individual untuk
memastikan bahwa
peserta didik dapat merespon perkataan guru.
|
10 menit
|
Inti
|
Observing
·
Guru menjelaskan bahan
ungkapan yang dapat disampaikan ketika menanyakan kabar tentang seseorang
adalah “How are you?”
·
Saat ini pertanyaan “How are
you?” terbiasa dijawab dengan kata-kata “I’m fine, thank you."
"What about you?", "What about yourself?", atau "And
yourself?"
·
Oleh karena itu,
diperkenalkan bahwa pertanyaan “How are you?” dapat dijawab dengan
“I’m feeling great.”
Communicating
·
Peserta didik
mengulang-ulang pengucapan “How are you?” hingga pengucapannya benar.
·
Peserta didik berlatih
melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya.
·
Guru dapat menjelaskan
mengenai penggunaan kalimat-kalaimat yang dapat 
digunakan ketika bertemu dengan
orang lain. “How are you?”
“I’m fine, thank you. And you?”
“I’m
fine too. Thank you.”
·
Kalimat-kalimat tersebut
merupakan kalimat dasar yang dapat digunakan ketika menyapa seseorang.
·
Kata “Sir”, yang
menandakan kita berbicara kepada seorang pria yang lebih dewasa, dalam hal
ini guru laki-laki.
·
Untuk guru laki-laki,
selain kata “Sir”, kita pun dapat menggunakan kata “Mister” 
yang diikuti
nama keluarga, misalnya Mr. Suparlan untuk Agus Suparlan.
·
Sedangkan untuk guru
perempuan, kita dapat menggunakan kata “Mam”, atau 
“Ms”.
·
Dalam penggunakan kata
sapaan untuk guru perempuan, kita dapat memberikan 
sedikit penjelasan bahwa
untuk panggilan kepada perempuan yang masih single atau belum menikah,
biasa kita sebut dengan panggilan “Miss”. Sedangkan
·
untuk wanita yang telah
menikah kita dapat memanggilnya dengan kata “Mrs”. Sedangkan untuk wanita
yang masih belum diketahui status pernikahannya, kita dapat menggunakan kata
sapaan “Ms”.
·
Di beberapa daerah yang
sudah terbiasa dengan “Bapak” maupun “Ibu”, ungkapan-ungkapan ini tidak salah
tentunya. Penggunaan kata “Mister” maupun “Miss” digunakan
dalam usaha untuk memunculkan English environment. Namun secara umum,
panggilan yang digunakan untuk menyapa guru adalah "Mister" atau
"Miss".
Experimenting
·
Guru mengenalkan ragam
ungkapan-ungkapan salam baik dalam situasi formal maupun situasi informal.
·
Dalam bagian ini, guru
menjelaskan bahwa pertanyaan “How are you?” tidak harus selalu dijawab
dengan “I’m fine”.
·
Sebagian pendapat
mengatakan bahwa jawaban “I’m fine” merupakan salah satu bentuk
motivasi diri untuk selalu merasa sehat dan menularkan semangat yang ada ke
setiap orang, walaupun mungkin kondisinya sedang tidak terlalu baik.
·
Percakapan pertama
bercerita tentang
kondisi anak yang merasa sakit kepala (headache).
·
Percakapan kedua
bercerita tentang kondisi anak yang merasa flu.
·
Beberapa jenis penyakit
umum yang dapat diperkenalkan di antaranya: stomachache, toothache,
backache, flu/cold, cough
|
30 menit
30 menit
|
Penutup
|
·
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada
pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI)
·
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui
apakah siswa sudah memahami topik tentang “Greeting and Introduction”
·
Siswa diminta membuat kesimpulan
pembelajaran pada pertemuan ini
·
Siswa diberi tugas kelompok untuk
pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
|
10 menit
|
G.
Penilaian
Mengetahui:
Kepala Madrasah,
Drs. ABI DARIM
|
Purwosari, 19 Desember 2013
Guru Mata Pelajaran,
HADI PRAYITNO, S. Pd.
|
0 komentar:
Post a Comment
Write your comment here. thanks.